Pages

Jumat, 23 Agustus 2013

yuk kita belajar berdoa


selamat malam kawan,,,,
berumpa lagi sama ane,,,, hehe,,,
kali ini ane bakal bahas sedikit tentang berdoa,,,
 ceileh sok alim banget ane,,,
tapi beneran nih,,, mari kita bahas dikit soal berdoa,,, sebagai umat beragama,, kita pasti sering berdoa,,, bukan sering lagi,,, tiap hari pasti kita lakuin,, ane yaqin tuh,,!!!

ane juga sering berdoa,,, tapi dulu ane sering banget tuh nglakuin kesalahan dalam berdoa,,, 
tapi sekarang ane uda belajar dikit lah biar doa ane sedikit kurang salahnya,,,     
mungkin kawan sodara juga memliki kesalahan yang sama,,,,, mari kita berbagi,,, po kepiye,??? aku manut,,!!!


  • Jarang bersyukur ,berterima kasih & memuji kepada Tuhan saat berdo’a
Nah dalam berdo’a kita sering meminta kepada Tuhan, tapi jarang sekali kita mengucap Syukur atau memuji-Nya. Dalam berdo’a kita harus meminta kepada-Nya. Bahkan Dia senang kalau kita banyak meminta. Itu berarti kita sebagai makhluk membutuhkan-Nya. Tapi kalau kita minta terus-terusan tanpa bersyukur & berterima kasih gimana tuh?
Ok, gini deh. Misalnya ada 2 orang yang butuh uang nih. Lalu mereka berdo’a
Orang 1 : “Ya Tuhan, aku mohon berilah aku uang yang banyak untuk bla bla bla…….”
Orang 2 : “Ya, Tuhan Yang Maha Pengasih & Maha Pemurah, Terima Kasih atas rezeki-Mu selama ini, sungguh nikmat-Mu sangatlah banyak. Ya, Tuhan yang Maha Kaya, aku membutuhkan uang untuk bla,bla,bla…….
Dari 2 orang diatas, kira-kira mana yang lebih baik do’anya?
Tuhan yang berhak untuk menilai sih. Tapi kalau ane disuruh menilai ya orang ke 2 yang lebih baik.
Dulu juga ane kalau berdo'a minta melulu. nah kalau sudah dikabulkan baru deh bersyukur (itu juga kalau inget)hehe.  
Alangkah lebih baik kalau dalam berdo'a kita bersyukur dulu, baru meminta. Dan apapun hasilnya, yah kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan

inget surat Al-fateehah kan,????? kebangeten kalo kagak,,,  mari kita liat,,, 
ayat 1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
ayat 2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
ayat 3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Tuh perhatikan tuh,,, di awal surat kita diajari untuk memuji & bersyukur dulu. Di akhir surat, baru kita meminta nikmat & meminta pertolongan
ayat 6. Tunjukilah kami jalan yang lurus
ayat 7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat

  •  Menjadikan do’a sebagai cadangan.
Nah ini kekeliruan yang sering ane lakukan dulu. Berusaha terlebih dulu, setelah gagal usahanya, baru berdo’a.
Misalnya gini: Ane lagi butuh uang, ane kesana-kemari buat nyari uang. nyari kerjaan lah, nyari pinjeman lah, setelah tidak ada hasil baru ane berdo’a. Ini kan kebalik urutannya. Seharusnya Berdo’a dulu, baru berusaha. hehe,,,
Seharusnya do’a jadi senjata utama, bukan jadi senjata cadangan.

  • Jarang mendo’akan orang lain.
Nah ini yang sering kita lupa, kita sering asik mendo’akan diri kita sendiri. Tapi kita sering lupa mendoa’akan orang lain. Lupa mendo’akan orang yang sudah berbuat baik sama kita...
Kita biasanya mendo’akan orang lain, kalau ada orang yang jahat kepada kita. Kita mendo’akan orang yang berlaku jahat kepada kita, supaya Tuhan membalas kejahatannya. Tapi kita sering lupa mendo’akan orang yang sudah berbuat baik kepada kita. hayoo,,hayoo,, sering gitu kan?

  • Melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan do’a
Misal ane berdo’a minta diberi keselamatan, tapi ane mengendarai motor ugal-ugalan & kebut-kebutan, gak cocok sama do’anya kan.
atau ane berdo’a minta diberi rezeki berupa uang, tapi ane males-malesan, gak cocok juga sama do’anya kan. Hehe
Setelah berdo’a yah tindakan kita harus sesuai dengan do’a kita dong. Setuju atau Setuju Sekali ?



tambahan dikit ya kawan,,, bukan sok pinter,,, tapi ini ajaran guru ane dulu,,,, semoga bermanfaatlah,,,
ane diajarin ini soalnya ane kagak pinter berdoa gan,,  ,, makanya ane d kasih pembuka doa,, yang simple ,,,
 PEMBUKA doa:

10 shalawat, 10 istighfar, 10 tasbih, 10 hamdalah.

Kemudian PENUTUPnya juga demikian. 10x lagi semuanya.

Di setelah 5 waktu shalat wajib, antara azan & iqomat.

Baca juga setelah shalat dhuha, dan tahajjud.

abis itu agan berdoa sesuai apa yang kawan ingin,,, insyaallah terkabul,,,,,

uda dulu ah,, sudah malem,,, saatnya tidur,,, klo sempet jgan lupa ntar tahajud kawan,,, bangunin ane ya,,, hahaha,,,,,     

wassalamuallaikum, wr, wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar